Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 27 Oktober 2014

Cara Mengatasi Mimpi Buruk Kronis


Mimpi buruk yang sering muncul secara berulang tentunya akan sangat menjengkelkan dan membuat tidur nyenyak pun menjadi hal yang sangat mustahil. Faktor-faktor yang menjadi pemicu mimpi buruk diantaranya adalah kelelahan dan masalah emosional seperti kecemasan dan depresi yang berlebihan. Mimpi buruk biasanya bervariasi dalam “tema dan konten” tertentu dan para ahli menyatakan bahwa kejadian dalam mimpi tersebut dapat menyebabkan ketakutan, kesedihan, kemarahan, rasa malu, atau emosi negatif yang lain. Meskipun mimpi buruk lebih umum menimpa kalangan anak-anak dan remaja, namun mimpi buruk juga sering menyerang kalangan orang dewasa dan lanjut usia.

cara mengatasi mimpi buruk
Dalam banyak kasus, mimpi buruk kronis dapat dipicu oleh stres psikologis seperti yang berasal dari post-traumatic stress disorder atau gangguan kecemasan akut yang menyerang orang-orang yang telah mengalami atau menyaksikan kekerasan, kecelakaan, peperangan, bencana alam dan pengalaman lain yang mengerikan atau bersifat traumatik. Penyebab mimpi buruk kronis lainnya adalah penyalahgunaan minuman beralkohol, penggunaan obat tertentu, dan gangguan kondisi pernapasan yang juga dikenal sebagai sleep apnea.

Terapi


Salah satu pilihan pengobatan untuk mimpi buruk kronis atau berulang adalah dengan psikodinamik psikoterapi. Dengan terapi ini maka pasien akan bertemu secara teratur dengan terapis untuk membahas mimpi buruk mereka dan mempertimbangkan masalah emosional yang mungkin menyebabkan timbulnya mimpi buruk kronis tersebut. Pilihan lain adalah dengan mengkonsumsi prazosin atau obat untuk tekanan darah tinggi (harus berdasarkan konsultasi dan resep dari dokter ahli). Penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan obat ini dengan dosis yang tepat akan efektif mengatasi mimpi buruk kronis terutama bagi mereka yang mengidap post-traumatic stress disorder.

Mengubah Skenario Mimpi Buruk


Teknik yang dapat digunakan untuk mengatasi mimpi buruk adalah Imagery Rehearsal Therapy (IRT) atau mengubah skenario/gambaran dari mimpi buruk yang dialami oleh seseorang. Tehnik ini berkembang dari hasil penelitian yang dilakukan sejak tahun 1990-an. Tehnik ini sudah mendapatkan penghargaan sebagai pengobatan untuk mimpi buruk kronis sejak 2001 dari Journal of American Medical Association. Studi menunjukkan bahwa 70% sampai 80% dari orang yang mencoba IRT akan mendapatkan bantuan yang signifikan. Selain itu, tehnik IRT sangat mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan oleh siapa saja. Teknik ini dapat dikuasai hanya dalam beberapa jam saja baik itu dipelajari secara otodidak maupun dengan bantuan seorang dokter atau terapis ahli.

Imagery Rehearsal Therapy (IRT) terdiri dari 3 langkah utama yang akan membantu mengatasi atau mengontrol mimpi buruk kronis. 

  1. Menuliskan deskripsi singkat tentang mimpi buruk yang dialami pada malam sebelumnya. Jika mimpi terakhir Anda terlalu menjengkelkan untuk dideskripsikan, maka bisa menggantinya dengan mimpi lainnya.
  2. Pikirkan cara sendiri untuk mengubah mimpi buruk. Doronglah diri sendiri untuk untuk mengandalkan pada intuisi ketika ingin membuat perubahan mimpi buruk yang sesuai.
  3. Sisihkan beberapa menit setiap harinya untuk membayangkan versi perubahan dari mimpi buruk Anda. Dengan kata lain, buatlah gambaran mental tentang versi mimpi buruk yang sudah diubah tersebut.
Beberapa orang dengan gangguan mimpi buruk kronis terutama mereka yang telah menderitanya selama bertahun-tahun mungkin akan sulit untuk mempercayai bahwa teknik yang sederhana ini sebenarnya sangatlah efektif. Hanya dengan menuliskan mimpi buruk dan mengubahnya dalam pikiran saja, maka bisa mengatasi mimpi buruk yang selama ini mengganggu dan menjengkelkan. Demikian ulasan tentang cara mengatasi mimpi buruk kronis secara efektif dan semoga artikel ini bermanfaat terutama bagi mereka yang saat ini sedang mencari solusi ampuh untuk mengatasi mimpi buruk yang kronis atau berulang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Mimpi Buruk Kronis

0 comments:

Posting Komentar