Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Kamis, 11 Desember 2014

Cara Alami Mengobati Kanker Serviks

Serviks atau kanker leher rahim merupakan jenis kanker yang umumnya menyerang bagian ujung bawah rahim di dekat vagina. Jenis kanker ini cukup membahayakan dan dapat mengakibatkan kematian pada penderitanya. Sampai saat ini, kanker serviks termasuk ke dalam jenis kanker yang paling banyak diderita oleh wanita di Indonesia. Sementara itu, kanker serviks berada pada urutan kedua di dunia sebagai kanker yang paling banyak diderita oleh wanita selain kanker payudara.

Ibu dengan jumlah anak yang banyak memiliki resiko lebih besar untuk terjangkit kanker serviks. Oleh karena itu, perlu diadakan upaya pencegahan kanker leher rahim sejak dini untuk menghindari dampak lebih buruk dari kanker ini. Menurut penelitian di RS Kanker Dharmais, terungkap bahwa penderita kanker serviks uteri stadium awal pada umumnya telah memiliki lebih dari 3 anak. Rata-rata umur penderita asalah 49 tahun dan sebagian besar dari penderita juga mengalami penyakit anemia.

penyebab kanker leher rahim
Di Indonesia, kesadaran akan penyakit kanker leher rahim belum terlalu tinggi. Seringkali penyakit kanker ini baru terdeteksi ketika sudah memasuki stadium lanjut. Kondisi ini diperparah lagi dengan sifat kanker serviks yang cenderung tidak menampakkan gejala di tahap awal. Metode yang sering digunakan sebagai upaya pendeteksian kanker sejak dini dini adalah Pap Smear. Metode ini terbukti dapat mengurangi tingkat kejadian kanker tersebut secara signifikan di berbagai negara besar di dunia. Pemerintah juga bisa menggalakkan sejumlah upaya pencegahan kanker sejak dini dengan menggelar vaksinasi rutin dan deteksi dini pap smear,

Penyebab kanker serviks adalah virus Human Papilloma Virus (HPV) terutama tipe 16 dan tipe 18. Selain akibat virus, kanker serviks juga dapat dipicu oleh kebiasaan merokok, belum cukup umur untuk berhubungan intim (dibawah 20 tahun), sering gonta-ganti pasangan seks dan gangguan pada sistem kekebalan tubuh.

Cara mengobati kanker serviks dengan bahan alami

Daun sirsak dapat dimanfaatkan untuk mengobati kanker serviks. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan zat Acetogenins pada daun sirsak terbukti sangat ampuh untuk menanggulangi berbagai jenis kanker. Berikut ini cara membuat ramuan obat kanker serviks alami dengan bahan daun sirsak:

khasiat daun sirsak

Bahan - bahan:

  1. 10 lembar daun sirsak, sebaiknya duan tidak tidak terlalu tua dan juga tidak terlalu muda
  2. 3 gelas air putih

Cara mengolah:

  1. Cuci daun sirsak terlebih dulu hingga bersih.
  2. Rebus semua daun sirsak ke dalam 3 gelas air putih.
  3. Setelah benar-benar mendidih, kemudian kecilkan api sampai air rebusan terus menguap dan tersisa 1 gelas.

Cara menggunakan:

Minum 1 gelas air rebusan daun sirsak 2 kali sehari secara teratur.

Efek samping:

Setelah meminum air rebusan daun sirsak, biasanya badan akan terasa panas. Kondisi ini menandakan bahwa zat yang terkandung pada daun sirsak sedang bereaksi. Anda jangan khawatir karena kondisi ini tidak membahayakan tubuh. Untuk hasil pengobatan yang maksimal, sebaiknya pengobatan kanker serviks didampingi dengan pengobatan medis. Hal ini dilakukan agar proses pengobatan bisa terpantau secara lebih detail.

Disarankan juga untuk memperbanyak asupan sayuran dan buah – buahan segar, karena pada kedua makanan tersebut banyak mengandung karotenoid,  vitamin A, riboflavin, asam folat, serta fitonutrein yang sangat berkhasiat untuk mencegah munculnya sel kanker. Selain itu, kurangi juga asupan makanan dengan lemak tinggi, makanan dengan bahan pengawet dan gorengan. 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Mengobati Kanker Serviks

1 comments: