Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Kamis, 28 Agustus 2014

Tips Perawatan Rambut Rontok


Tips Perawatan Rambut Rontok - Rambut merupakan ornamen paling penting khususnya bagi kaum wanita. Rambut yang panjang nan berkilau merupakan representasi kondisi tubuh dan mental yang sehat dan prima. Karena tubuh manusia memerlukan nutrisi yang baik untuk pertumbuhan rambut, maka Anda harus selektif dalam memilah dan memilih jenis makanan untuk menjaga kesehatan rambut. Keluhan yang paling menggangu adalah rambut rontok yang bisa menimpa siapa saja mulai dari usia anak-anak, remaja, dewasa dan orang tua. Di bawah beberapa jenis makanan yang disarankan agar rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok.


Vitamin A mengandung nutrisi yang sangat penting untuk menjaga rambut tetap sehat. Rambut rontok bisa dijadikan tanda atau tolak ukur kurangnya vitamin A pada tubuh manusia. Sumber vitamin A utama bisa diperoleh dari buah-buahan dengan warna kuning atau oranye serta sayuran dengan daun berwarna hijau gelap. Sumber vitamin A yang lain diantaranya adalah kuning telur, hati, mentega dan susu. Suplemen merupakan sumber lain dari asupan vitamin A, akan tetapi Anda harus berhati-hati ketika mengkonsumsi suplemen dan jangan sampai berlebihan karena bisa mengakibatkan hypervitaminosis.

Kekurangan asupan vitamin B bisa menyebabkan rambut mudah rontok dan bahkan sampai botak. Kandungan biotin di dalam vitamin B berperanan penting untuk menjaga kekuatan dan kesehatan rambut. Ragi merupakan salah satu jenis makanan yang kaya akan kandungan Biotin. Vitamin B3 dan B5 berkhasiat untuk pertumbuhan rambut yang optimal. Vitamin B6 mampu membantu pengolahan unsur hara yang dibutuhkan oleh rambut agar tumbuh sehat dan kuat.

Protein merupakan nutrisi penting lainnya untuk menjaga rambut tetap sehat dan tidak mudah rontok. Sumber protein yang utama diantaranya unggas, ikan dan kacang-kacangan. Kandungan senyawa lemak yang sangat tinggi di dalam tubuh seseorang pada dasarnya bisa menyebabkan rambut mudah rontok dengan sangat cepat. Dianjurkan agar tidak sering mengkonsumsi protein secara berlebihan karena bisa memicu ketidakseimbangan asam di dalam tubuh dan nantinya membuat rambut mudah rontok. Di samping itu, kurangnya asupan mineral dan kalsium akan memperburuk kondisi rambut yang mudah rontok.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Perawatan Rambut Rontok

0 comments:

Posting Komentar