Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 04 Agustus 2014

Makanan Dengan Serat Tinggi Untuk Menjaga Kesehatan


WHO menganjurkan bahwa tiap orang harus mengkonsumsi minimal 25 gr serat per harinya. Makanan dengan serat tinggi mengandung senyawa yang penting untuk tubuh seperti mengatur pergerakan organ usus dan menghilanhkan lemak berlebih. Makanan berserat tinggi sangat dianjurkan bagi mereka yang sedang melaksanakan program diet karena pada dasarnya serat akan membuat perut kenyang lebih lama. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa serat bisa mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti kegemukan, diabetes, gejala penyakit jantung dan kanker. Akan tetapi harian makanan berserat tinggi tampaknya masih belum terlalu diprioritaskan oleh mayoritas orang-orang di sekitar kita. 


makanan berserat tinggi

Makanan yang mengandung serat tinggi diantaranya sayuran, roti, biskuit dan buah-buahan Agar mencapai jumlah serat yang direkomendasikan per harinya, jenis jenis makanan tersebut akan sangat cocok dimasukkan pada dalam menu makanan sehari-hari. Tepung roti bisa memberikan jumlah serat yang banyak terutama untuk program diet sehat. Di sisi lain, tepung halus dan roti putih merupakan makanan yang dapat memberikan serat dalam jumlah sedikit. 100 gr biskuit dapat memberikan sekitar 9.2 gram asupan serat. Pasta gandum dan beras dapat memberikan serat sekitar 3.72 gram. Biji-bijian denagn kandungan selulosa dan pati merupakan makanan penghasil serat yang tinggi. Jenis makanan ini mampu memberikan sekitar 45 gr serat tiap 100 gramnya. Berondong jagung (popcorn) mengandung sekitar 15 gr serat tiap 100 gramnya.

Senyawa karbohidrat kompleks pada menu makanan sehari-hari adalah sumber asupan serat yang sangat tinggi. Makanan yang mengandung karbohidrat mempunyai 11-25% serat seperti halnya kacang polong dan sereal. Buah-buahan memiliki kandungan serat yang sangat tinggi dan sangat baik untuk sistem metabolisme tubuh. Senyawa serat alami yang bisa ditemukan pada buah-buahan diantaranya adalah hemicelluloses dan pektin. Buah kelapa mengandung 10% serat sedangkan buah raspberry mengandung sekitar 6.1% serat. Program diet dengan memasukkan menu makanan berisi kacang-kacangan dapat menangkal munculnya penyakit usus dan perut sembelit. Makanan dengan serat tinggi dapat menunda proses penyerapan gula dalam tubuh sehingga proses penghasilan energi pun akan meningkat dengan signifikan. Jenis kacang-kacangan yang paling banyak kandungan seratnya adalah kacang almond yang mengandung sebanyak 12% serat alami.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Makanan Dengan Serat Tinggi Untuk Menjaga Kesehatan

0 comments:

Posting Komentar