Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Minggu, 06 April 2014

Ini Beberapa Penyebab Mimpi Buruk Ketika Tidur


Mimpi atau dikenal juga dengan bunga tidur mampu memperlihatkan visual atau gambaran layaknya kehidupan nyata dan bahkan memancing emosi manusia. Mimpi bisa membuat suasana hati kita menjadi sangat bahagia karena gambaran dalam mimpi yang sangat indah. Di sisi lain, mimpi bisa membuat suasana hati kita menjadi tidak karuan karena gambaran dalam mimpi yang aneh dan bahkan tidak masuk akal. Berikut ini beberapa faktor penyebab mimpi buruk yang sering dialami oleh manusia.


penyebab_mimpi_buruk

Tekanan mental

Apabila Anda sedang merasa kehilangan akan seseorang yang sangat dicintai ataupun mengalami kecelakaan yang cukup mengerikan, maka mimpi yang aneh dan tak masuk akal besar sekali peluangnya untuk muncul saat Anda tidur. Perasaan atau mental yang sedang tertekan bisa menjadi pemicu mimpi yang aneh dan menyebabkan perasaan gelisah ketika terbangun.

Realita kehidupan 

Mimpi sering dihubungkan dengan keadaan atau kondisi di kehidupan nyata seorang manusia. Gambaran dalam mimpi tersebut bisa berupa sesuatu yang ditakuti ataupun berbagai hal yang telah terjadi atau dialami.

Gula rendah

Penyebab mimpi buruk yang lainnya adalah kadar gula rendah dalam tubuh seseorang. Ketika kadar gula atau glukosa dalam tubuh berada dalam tingkat yang sangat rendah, maka otak secara otomatis akan berupaya untuk menyeimbangkan kadar gula tersebut dan sekaligus memacu adrenalin dalam tubuh.

Sakit

Mimpi yang aneh juga sering dialami oleh orang yang sedang sakit atau demam tinggi. Suhu tubuh yang tinggi berpotensi untuk menginduksi gambaran dalam mimpi yang jauh dari realita atau tidak masuk akal.

Bipolar

Bipolar merupakan gangguan mental yang biasanya ditandai dengan terjadinya perubahan mood atau suasana hati yang rapid atau ekstrim. Tentunya hal ini bisa memicu terjadinya mimpi buruk setiap malamnya. Alangkah lebih baik jika Anda segera berkonsultasi dengan dokter ahli untuk mengatasi gangguan mental ini.

Trauma

Keadaan seseorang yang sedang mengalami trauma bisa menyebabkan mimpi yang aneh dan bahkan menakutkan. Lebih parah lagi, seseorang akan sampai berteriak-teriak karena merasa sangat ketakutan ketika sedang mengalami mimpi buruk akibat trauma yang menghantui hidup mereka.

Alkohol dan narkotika

Sudah tidak bisa disangkal lagi jika alkohol dan narkotika bisa menyebabkan pikiran dan imajinasi seseorang menjadi berlebihan dan sering tidak logis. Penggunaan atau konsumsi narkotika dan alkohol sebelum tidur bisa memicu terjadinya mimpi aneh, buruk dan bahkan menakutkan ketika tidur di malam hari.

Kabar mengejutkan

Percaya atau tidak, kabar atau berita yang mengejutkan ternyata bisa terbawa ke dalam mimpi atau alam bawah sadar seseorang. Berita yang mengejutkan bisa memicu munculnya mimpi buruk atau dengan kata lain kejadian yang mengejutkan tersebut akan tercermin sebagai mimpi yang aneh dan tidak masuk akal.

Itulah beberapa faktor penyebab mimpi buruk yang bisa menjadi referensi yang bermanfaat bagi Anda. Simak juga ulasan tentang Cara Mengatasi Mimpi Buruk Kronis.
sumber: life.viva.co.id & boldsky

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Ini Beberapa Penyebab Mimpi Buruk Ketika Tidur

0 comments:

Posting Komentar