Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Jumat, 05 Desember 2014

5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Susah Tidur Nyenyak

Terdapat beberapa kesalahan yang mungkin sering kita lakukan sebelum tidur sehingga kita kemudian mengalami kesulitan untuk tidur nyenyak yang berkualitas di malam hari. Faktanya, sangatlah penting bagi kita untuk bisa tidur nyenyak dan berkualitas supaya bisa bangun dalam keadaan bugar di pagi harinya. Berikut ini beberapa kesalahan yang mungkin kerap dilakukan sebelum tidur seperti dikutip oleh situs Health Me Up.


makan berat di malam hari

Makan berat ketika waktu makan malam

Bila sebelum tidur kita memakan jenis makanan yang berat atau makanan dengan protein tinggi, maka kemungkinan besar kita menjadi sulit tidur apalagi dapat tidur nyenyak. Hal ini disebabkan tubuh kita memerlukan waktu yang lama untuk mencerna makanan khususnya yang mengandung protein. Kondisi inilah yang kemudian akan sulit untuk bisa tidur cepat dan nyenyak.

Alkohol dan Kopi

Banyak yang percaya bahwa meminum minuman keras atau yang beralkohol bisa membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Alkohol memang sebenarnya bisa membuat seseorang menjadi tertidur lelap dan bahkan sangat nyenyak tanpa mengalami mimpi sama sekali. Kopi mengandung kafein yang tinggi dan kafein tersebut merupakan stimulan yang bisa membuat tubuh manusia berada dalam keadaan waspada sekitar 12 jam terhitung sejak kita mengonsumsinya. Maka dari itu, usahakan untuk menghindari kopi ketika sore hari supaya bisa tidur dalam keadaan nyenyak di malam harinya.

Obat tidur

Dengan mengonsumsi obat tidur tentunya akan membuat kita cepat tertidur. Namun, obat tidur tersebut tidak akan bisa menyembuhkan kondisi insomnia (susah tidur) yang dialami. Bahkan, obat tidur tersebut hanya akan membuat seseorang menjadi candu atau ketergantungan.

Hewan peliharaan

Tidak disarankan untuk tidur bersama hewan peliharaan kesayangan Anda. Hewan atau binatang peliharaan cenderung menendang, menggeliat dan merengek saat tidur. Akibatnya, binatang peliharaan tersebut bisa membangunkan kita dan membuat kita menjadi sulit tidur kembali.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 Kesalahan Sebelum Tidur yang Membuat Susah Tidur Nyenyak

0 comments:

Posting Komentar