Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 07 April 2014

Tanda Awal Kehamilan yang Sering Terabaikan


Bagi kaum wanita atau pasangan baru tentunya mendambakan kehadiran buah hati sebagai pelengkap dalam kehidupan rumah tangga dan berkeluarga. Setelah berbagai upaya telah dilakukan untuk cepat hamil dan mendapatkan buah hati, maka ada baiknya mengenal beberapa tanda awal kehamilan wanita berikut ini yang sering tidak disadari atau terabaikan.

Napas berat dan pendek

Jika wanita atau calon ibu sering mengalami kelelahan dan nafas yang berat, maka bisa dipastikan kondisi ini adlah salah satu tanda awal kehamilan. Hal ini dikarenakan kondisi janin yang memerlukan asupan oksigen dan keadaan ini akan terus berlangsung sampai masa kehamilan. Ada baiknya untuk mulai mengurangi aktifitas atau kegiatan yang bisa menguras nafas.

gejala awal kehamilan
Payudara membesar

Ibu hamil akan mengalami perubahan ukuran pada organ payudara yang cukup signifikan. Kondisi ini diakibatkan oleh terjadinya peningkatan aktivitas pada bagian aerola dan vena ibu hamil.

Buang air kecil lebih sering

Ketika hamil, produksi cairan di dalam tubuh calon ibu biasanya akan meningkat dan kondisi inilah yang menyebabkan frekuensi buang air kecil menjadi lebih sering. Dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih daripada biasanya agar terhindar dari dehidrasi dan kelelahan.

Nyeri pada bagian kepala dan punggung

Perubahan hormon pada ibu hamil bisa menyebabkan beberapa keluhan pada berbagai anggota tubuh. Salah satunya adalah sering mengalami sakit kepala atau pusing saat memasuki masa awal kehamilan. Pusing yang sering dialami diakibatkan oleh gula rendah atau tekanan darah yang tidak stabil. Selain mengalami sakit kepala,  ibu hamil biasanya akan mengalami sakit atau nyeri di bagian bawah punggung.

Perut sering kram dan sembelit

Saat masa awal kehamilan, organ uterus akan mengalami peregangan. Kondisi ini bertujuan untuk persiapan uterus untuk menyambut janin atau bayi. Hal inilah yang mengakibatkan perut ibu hamil sering mengalami kram atau tegang. Ibu hamil juga akan sering mengalami sembelit akibat bertambahnya hormon progesteron yang memperlambat sistem pencernaan dalam tubuh.

Lebih sensitif pada makanan

Tanda awal kehamilan lainnya adalah sering merasa mual dan tidak suka terhadap bau makanan atau masakan tertentu. Selain itu, ibu hamil akan mulai menginginkan berbagi jenis makanan yang terbilang aneh atu tidak biasa. Kondisi ini lebih sering dikenal dengan istilah ngidam.

Moody

Suasana hati atau mood yang sering berubah secara drastis bisa jadi merupakan salah satu tanda awal kehamilan. Sebagai ilustrasi, ibu hamil bisa saja menyukai suatu hal pada pagi hari dan tiba-tiba membencinya saat malam hari.

Demikian beberapa tanda awal kehamilan yang bisa diperhatikan ketika mendambakan kehadiran seorang buah hati. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para calon ibu dan pasangan baru yang ingin segera mendapatkan momongan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tanda Awal Kehamilan yang Sering Terabaikan

1 comments:

  1. Sudah menikah namun belum juga mempunyai keturunan, tidak perlu cemas, jika umur pernikahan terbilang baru maka itu hal yang wajar. Ketika sudah menikah, beberapa pasangan memang ada yang langsung diberi keturunan dan ada juga yang baru memiliki keturunan setelah beberapa tahun. Ada tips-tips agar cepat hamil, diantaranya Melakukan pemeriksaan kesehatan kedokter, Melakukan hubungan seksual pada masa subur dll
    Sumber: udoctor.co.id

    BalasHapus