Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Selasa, 13 Mei 2014

Tips Meningkatkan Kesuburan Pasutri


Tips Meningkatkan Kesuburan Pasutri - Salah satu faktor penyebab tidak harmonisnya hubungan suami istri adalah tingkat kesuburan. Sebuah kehidupan rumah tangga biasanya tidak akan harmonis jika tingkat kesuburan antara suami dan istri tidak seimbang. Lebih parahnya lagi apabila ada salah satu yang mengalami gangguan kesuburan sehingga tidak dapat menghasilkan keturunan atau anak. Untuk mencegah atau memperkecil resiko ini, berikut adalah beberapa jenis asupan makanan yang direkomendasikan oleh para dokter dan ahli kesehatan untuk meningkatkan dan menjaga kesuburan pasangan suami istri. 


Cara Meningkatkan Kesuburan Pasutri

Likopen

Senyawa likopen terbukti ampuh untuk meningkatkan jumlah, kualitas dan kelincahan sperma pada organ reproduksi pria atau sang suami. Makanan atau buah-buahan yang kaya akan kandungan likopen diantaranya semangka, tomat, pepaya, jeruk bali, stroberi, jambua biji merah dan delima.

Vitamin B12

Jenis vitamin yang satu ini terbukti secara klinis mampu meningkatkan kesuburan dan mempercepat proses kehamilan pada wanita atau sang istri. Jenis makanan yang banyak mengandung vitamin B12 adalah daging, ikan tuna, kepiting, kerang dan yoghurt. Khusus bagi para wanita atau istri yang memiliki riwayat kolesterol tinggi, dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter jika ingin mengkonsumsi produk makanan hasil laut tersebut.

Vitamin E

Jenis vitamin ini akan memberikan perlindungan pada sel reproduksi dari serangan dan infeksi radikal bebas dan virus yang membahayakan. Vitamin E bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan seperti brokoli, mangga, alpukat, kenari, almond, kacang mete, kuaci biji bunga matahari dan kacang tanah.

Zat Besi (Iron)

Senyawa ini sangat baik dikonsumsi oleh pasutri agar proses pembuahan sel telur oleh sperma berjalan dengan lancar dan optimal. Makanan yang banyak mengandung zat besi diantaranya tahu, kacang kering, apricot, kismis, daging, kerang dan udang.

Asam Folat (folic acid)

Kurangnya asupan asam folat pada pria atau suami bisa menyebabkan rendahnya kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan. Untuk wanita atau istri, asam folat sangat baik untuk menunjang masa kehamilan yang sehat hingga waktu persalinan. Asam folat bisa diperoleh dari berbagai makanan seperti Alpukat, asparagus, brokoli, kol, tempe, kacang panjang, sawi hijau, taoge, kacang merah, kacang hijau, dan daging ayam.

Untuk mendapatkan "Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG" bisa mengunjungi situs resminya tipshamil.com 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Meningkatkan Kesuburan Pasutri

0 comments:

Posting Komentar