Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Rabu, 02 April 2014

Menjaga Kesehatan Anak dengan Mengajarkannya Kebiasaan Sehat


Kesehatan anak pada dasarnya bisa dijaga dengan selalu mengajarkan kebiasaan sehat sedini mungkin. Dengan menerapkan kebiasaan hidup sehat sejak dini, diharapkan anak akan terbiasa dengan perilaku yang baik hingga dewasa kelak. Kesehatan fisik dan mental anak juga akan bergantung pada peran serta orangtua yang merawatnya. Jika masalah kesehatan sampai diabaikan,  bisa memicu munculnya berbagai gangguan kesehatan dan penyakit yang membahayakan bagi anak. Berikut ini beberapa hal yang dapat dijadikan kebiasaan sehat bagi si buah hati.

Tidak Melewatkan Sarapan

Membiasakan anak untuk tidak melewatkan sarapan di pagi hari merupakan hal yang sangat penting untuk proses tumbuh-kembangnya. Sarapan pagi akan memberikan energi pada tubuh anak dan juga berfungsi untuk mengontrol berat badannya. Menurut hasil penelitian di Harvard Medical School, sarapan pagi bermanfaat untuk menurunkan resiko terkena obesitas pada anak.

Olahraga Teratur

Olahraga secara rutin akan membuat tubuh anak menjadi kuat dan bugar. Selain itu, olahraga juga akan membantu meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang berbagai penyakit. Olahraga yang dianjurkan untuk menjaga kesehatan anak diantaranya adalah jenis olahraga permainan yang bisa membuatnya aktif berlari dan bergerak.

Perbanyak Konsumsi Buah dan Sayuran

Akibat dari kebiasaan atau pola makan yang salah, banyak anak yang mengalami kekurangan gizi dan juga mengidap berbagai jenis kelainan pada sistem pencernaannya. Dianjurkan untuk selalu membujuk anak agar memperbanyak konsumsi sayuran dan buah yang kandungan seratnya sangat baik untuk kesehatan. Konsumsi sayuran akan membantu mencegah penyakit beri-beri dan buta warna yang sering menjangkit anak kecil.

Cinta dan Kasih Sayang

Anak-anak selalu mengharapkan untuk disayangi dan diperhatikan lebih oleh orangtuanya. Mereka akan mudah sekali sedih dan sakit hati ketika orangtua tidak lagi mencintai dan memberikan kasih sayangnya. Hal ini bisa membuat anak-anak menjadi pribadi yang selalu murung dan kurang percaya diri dalam kehidupan sosial nantinya. Oleh karena itu, para orangtua dianjurkan untuk memberikan perhatian yang tulus dan juga sering meluangkan waktu yang berkualitas bersama anak agar terhindar dari kondisi psikologis yang terganggu.

Jauhkan dari Kekerasan

Kebiasaan dan tutur bahasa yang buruk dari orangtua dan lingkungan sekitar bisa mempengaruhi pola pikir dan juga kepribadian anak-anak.  Usahakan untuk tidak membiarkan anak bermain game yang mengandung unsur kekerasan karena bisa mempengaruhi perilaku mereka sehari-hari. Anak bisa saja menjadikan karakter dalam game tersebut sebagai idolanya sehingga dia akan bersikap layaknya tokoh pada game yang mereka idolakan tersebut.

Itulah beberapa kebiasaan sehat yang bisa diajarkan pada anak agar kesehatan fisik dan mentalnya tetap terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat untuk para orangtua agar anaknya kelak tumbuh sehat dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan di atas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Menjaga Kesehatan Anak dengan Mengajarkannya Kebiasaan Sehat

1 comments:

  1. informasi yang bermanfaat, memang seharusnya sebagai orang tua kita mengajarkan kebiasaan2 yg baik bagi Anak sedari dini

    BalasHapus