Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Sabtu, 01 November 2014

Cara Mengatasi Rambut Rontok

Rambut merupakan aset berharga yang dimiliki oleh setiap manusia. Karena begitu pentingnya, banyak sekali orang yang menganggap bahwa rambut adalah mahkota. Salah satu peranan tau fungsi rambut yang sangat penting bagi manusia adalah untuk melindungi kulit kepala dari teriknya sinar matahari. Selain itu, rambut juga dapat mempengaruhi tingkat percaya diri seseorang di dalam kehidupan atau pergaulannya sehari-hari.

Akibat dari kurang pandai dalam merawat kesehatan rambut, banyak sekali orang di dunia yang kemudian mengalami kebotakan atau kerontokan Kondisi tersebut dapat diakibatkan oleh rambut dan kulit di area kepala yang tidak sehat seperti akibat ketombe. Oleh karena itu, Anda seyogyanya harus bisa menjaga dan merawat kesehatan rambut dari sekarang supaya rambut tetap sehat dan terhindar dari kebotakan.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami

Penyebab Rambut Rontok

Rambut rontok pada dasarnya dapat diakibatkan oleh 2 faktor yakni faktor eksternal dan faktor internal. Faktor eksternal meliputi Gaya Rambut, Bahan Kimia, dan Radikal Bebas. Sering mengubah-ubah gaya rambut dapat menyebabkan rambut menjadi sering tertarik hingga akarnya. Selain itu, gaya rambut yang sering dirubah akan membuat rambut menjadi lebih cepat rapuh dan juga mudah patah. Penggunaan bahan kimia dalam proses pewarnaan dan pelurusan rambut ternyata akan membuat rambut menjadi gelombang secara permanen dan bisa menyebabkan rambut rusak apabila digunakan secara berlebihan dan tidak tepat.

Di samping itu, penataan rambut dan pengikatan rambut secara berlebihan juga akan mengakibatkan rambut rontok dan rusak.  Radikal bebas merupakan zat beracun yang akan mempercepat proses penuaan dini. Umumnya, radikal bebas bisa berupa polusi dan asap-asap yang beracun sehingga akan membuat rambut menjadi lebih cepat rontok.

Faktor internal penyebab rambut rontok terdiri dari faktor Keturunan, Hormon, Stres dan Penyakit. Apabila salah satu dari orang tua mempunyai gen penyebab rambut rontok, maka hal ini bisa diturunkan pada anak-anaknya. Biasanya hal ini bisa diketahui dengan akurat dengan cara memeriksakan diri pada ahli kesehatan rambut. Hormon yang tidak seimbang bisa mengakibatkan rambut menjadi mudah rontok. Misalnya, ibu hamil yang biasanya mengalami ketidakseimbangan hormon akan mudah sekali mengalami rambut rontok atau bahkan kebotakan pada kasus ketidakseimbangan hormon yang lebih parah.

Ketika seseorang mengalami stress, rambut akan menjadi lebih mudah rontok jika dibandingkan pada saat-saat biasa. Penyakit lupus dan diabetes disinyalir sebagai penyebab lain dari kerontokan atau kebotakan pada rambut penderitanya. Apabila rambut Anda sudah terlanjur mengalami kerontokan, bisa menyimak beberapa tips alami mengatasi rambut rontok berikut ini.

Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya (aloe vera) kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang sangat berkhasiat untuk menyuburkan rambut serta menjaga kulit kepala tetap sehat. Untuk menyembuhkan rambut rontok dengan lidah buaya, caranya cukup mudah yakni dengan menyediakan beberapa lembar daun lidah buaya lalu ambil lendirnya. Kemudian jadikanlah lender tersebut sebagai gel atau pengganti shampoo saat hendak berkeramas atau mencuci rambut.

Pijatan Ringan di Kulit Kepala

Melakukan pijatan ringan di kulit kepala bisa membantu merangsang peredaran darah serta membantu menjaga folikel rambut agar tetap aktif sepanjang hari. Akan lebih baik lagi jika menggunakan beberapa tetes minyak essensial lavender, almond atau wijen ketika melakukan pemijatan tersebut. Bila Anda tidak bisa melakukan pemijatan sendiri, maka bisa meminta bantuan teman atau keluarga agar hasil pijatan yang didapat menjadi lebih maksimal.

Daun Seledri

Daun seledri mengandung vitamin A, vitamin B, zat besi, kalsium dan natrium sehingga sangat bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan rambut supaya lebih sehat, kuat dan berkilau. Cara penggunaannya sama dengan lidah buaya yakni dijadikan sebagai pengganti shampoo ketika mencuci rambut.

Teh Hijau

Kandungan anti-oksidan pada teh hijau bisa sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok, meningkatkan pertumbuhan rambut serta menjaga agar kondisi rambut tetap sehat.

Jus Alami

Yang dimaksud jus alami ini terdiri dari campuran bawang merah, bawang putih, dan jahe yang diblender sampai halus. Kemudian oleskan jus alami tersebut pada rambut dan diamkan selama 1 malam atau selama Anda tidur. Setelah itu, bilaslah di pagi hari dengan menggunakan shampoo hingga bersih dan bau bawangnya benar-benar hilang.

Demikian ulasan tentang penyebab rambut rontok dan cara mengatasi rambut rontok secara tradisional yang bisa dijadikan referensi pribadi maupun bagi teman dan seluruh anggota keluarga. Semoga bermanfaat.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mengatasi Rambut Rontok

0 comments:

Posting Komentar