Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Sabtu, 02 Agustus 2014

Cara Mencegah Penyakit Alzheimer


Penyakit Alzheimer merupakan gangguan kesehatan progresif yang menyerang memori otak manusia. Gangguan kesehatan Ini dapat mempengaruhi pola berpikir, berperilaku dan juga karakter dari pengidapnya. Apabila penyakit Alzheimer bertambah parah, maka pengidapnya bisa kehilangan kemampuan berkomunikasi ataupun lambat dalam mengambil keputusan. Di sisi lain, para penderita Alzheimer yang sudah parah dan kronis kemungkinan besar akan mengalami perubahan yang sangat drastis pada kepribadiannya. Pada kasus yang lebih parah, penderita Alzheimer bahkan tidak dapat mengenali keluarga atau kerabatnya sendiri. 


cara mencegah penyakit alzheimer

Sejarah keluarga, faktor usia lanjut dan luka pada bagian kepala disinyalir sebagai pemicu timbulnya penyakit Alzheimer pada manusia. Faktor-faktor lain yang bisa mengakibatkan timbulnya Alzheimer adalah program diet yang buruk, pola hidup tidak sehat, merokok dan kondisi kesehatan mental yang buruk atau tertekan. Di bawah ini akan dibahas mengenai beberapa cara mencegah penyakit Alzheimer sedini mungkin.


Program diet seimbang



Hasil penelitian terbaru menyatakan bahwa asupan sayuran berdaun hijau dan konsumsi buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry dapat meminimalisir resiko timbulnya penyakit Alzheimer. Selain itu, dianjurkan agar selalu berusaha mengurangi gorengan atau makanan yang digoreng karena mengandung lemak jenuh yang sangat tinggi. Lakukan program diet seimbang dengan memasukkan coklat, kacang, teh hijau, buah kering dan ikan pada menu diet sehari-hari. Ikan kaya akan kandungan Omega 3 yang terbukti ampuh untuk menjaga kesehatan otak dan memori manusia.


Olahraga teratur



Olahraga secara teratur tentunya sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan secara umum dan menangkal penyakit Alzheimer serta meningkatkan kesehatan otak. Apabila seseorang mempunyai pola hidup sehat maka kemungkinannya akan lebih besar untuk memiliki perkembangan otak secara maksimal. Aktifitas fisik atau pergerakan tubuh yang aktif dapat merangsang sel-sel pada otak manusia, mengaktifkan proses koneksi neuron serta merangsang pelepasan neurotransmitter yang berkaitan dengan kreativitas dan motivasi pada manusia.


Jaga otak tetap aktif



Aspek utama untuk menangkal degenerasi atau penurunan fungsi otak adalah dengan cara menjaga otak selalu aktif setiap saat.  Anda dapat mengimplementasikan hal ini sehari-hari dengan lebih sering menggunakan naluri ketika melakukan berbagai hal di rumah. Ubahlah kebiasaan nonton televisi dengan kegiatan yang dapat mebuat otak tetap aktif, berpikir dan mencari solusi.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit Alzheimer yang terdiri dari program diet seimbang, olahraga teratur dan menjaga agar otak tetap aktif.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mencegah Penyakit Alzheimer

0 comments:

Posting Komentar