Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 24 November 2014

Cara dan Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

Apakah Anda saat ini tengah mempertimbangkan tentang kehamilan setelah keguguran? Anda mungkin akan merasa cemas atau bingung tentang apa yang menyebabkan keguguran Anda dan kapan waktu yang tepat untuk bisa hamil lagi. Berikut ini ulasan tentang pemahaman atau tips cepat hamil setelah keguguran dan disertai langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk memperoleh kehamilan yang sehat sesudah mengalami gugur kandungan.

cara cepat hamil sesudah keguguran

Faktor apa saja yang bisa menyebabkan keguguran?

Mayoritas keguguran terjadi karena janin tidak berkembang secara normal. Kadang-kadang kondisi kesehatan wanita, seperti diabetes tidak terkontrol atau masalah dengan rahim atau serviks, juga bisa menjadi faktor-faktor yang menyebabkan keguguran. Gugur kandungan atau keguguran biasanya hanya akan terjadi satu kali saja. Kebanyakan wanita yang mengalami gugur kandungan akan memiliki kehamilan yang sehat setelah keguguran tersebut. Kurang dari 5 persen perempuan di dunia mengalami 2 kali keguguran secara berturut-turut, dan hanya 1 persen saja yang mengalami 3 kali gugur kandungan secara berturut-turut. Jika Anda mengalami lebih dari 2 kali keguguran, disarankan untuk melakukan pengujian medis untuk mengidentifikasi setiap penyebab gugur kandungan sebelum mencoba untuk bisa hamil lagi. Beberapa pengujian atau tes yang bisa Anda lakukan diantaranya adalah:

Tes darah

Sampel darah Anda akan dievaluasi untuk membantu mendeteksi masalah pada hormon atau sistem kekebalan tubuh.

Tes kromosom

Anda dan pasangan dianjurkan untuk melakukan tes darah untuk diuji kromosomnya. Prosedur tes kromosom juga dapat dilakukan untuk mendeteksi masalah pada organ rahim. 

Apabila penyebab gugurnya kandungan tidak dapat diidentifikasi secara medis, maka jangan kehilangan harapan. Sekitar 60-70 persen wanita dengan gugur kandungan berulang masih memiliki peluang untuk memiliki kehamilan yang sehat.

Kapan waktu terbaik untuk hamil lagi setelah mengalami keguguran?

Keguguran dapat menyebabkan kemarahan, kesedihan atau rasa bersalah. Anda akan memerlukan waktu untuk proses pemulihan fisik maupun mental. Setelah Anda merasa siap untuk hamil lagi setelah gugur kandungan, mintalah bimbingan kepada penyedia layanan kesehatan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan untuk menunggu setidaknya 6 bulan sebelum mencoba untuk hamil lagi. Di sisi lain, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang mengandung dalam waktu 6 bulan setelah mengalami gugur kandungan akan memiliki lebih sedikit komplikasi daripada mereka yang menunggu lebih lama lagi untuk hamil. Jika Anda sudah sehat dan merasa benar-benar siap, mungkin tidak perlu menunggu lama untuk hamil lagi setelah mengalami gugur kandungan.

Jika Anda mengalami dua atau tiga kali kandungan yang gugur, berkonsultasilah dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Layanan kesehatan akan merekomendasikan pengujian untuk menentukan masalah mendasar penyebab gugurnya kandungan. Kehamilan molar adalah terdapatnya tumor jinak yang berkembang dalam rahim. Molar terjadi ketika plasenta berkembang menjadi massa abnormal kista daripada menjadi kehamilan yang sehat. Jika Anda memiliki kehamilan molar, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin menyarankan untuk menunggu 6 bulan sampai 1 tahun sebelum mencoba untuk bisa hamil lagi.

Untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan yang sehat, Anda disarankan untuk menerapkan gaya hidup sehat sebelum konsepsi dan selama kehamilan. Mulailah dengan mengkonsumsi vitamin pre-natal atau suplemen asam folat sejak beberapa bulan sebelum terjadi pembuahan. Untuk menjaga berat badan yang ideal, lakukan aktivitas fisik dalam rutinitas harian serta terapkan pola makan sehat. Pastikan juga untuk menghindari keadaan stress, menghindari minuman alkohol dan rokok. Jika Anda telah mengalami beberapa kali keguguran, kehamilan di masa depan perlu direncanakan dan dipantau dengan hati-hati. Demikian ulasan tentang cara cepat hamil sesudah keguguran yang bisa dijadikan referensi atau pengetahuan yang bermanfaat bagi semua wanita yang menginginkan kehamilan paska keguguran. Semoga bermanfaat.


Untuk mendapatkan "Buku Panduan Lengkap Cara Cepat Hamil oleh dr. Rosdiana Ramli, SpOG" bisa mengunjungi situs resminya tipshamil.com 

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara dan Tips Cepat Hamil Setelah Keguguran

0 comments:

Posting Komentar