Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 08 Desember 2014

Gejala Pasti Tentang Gagal Ginjal

Gagal ginjal merupakan salah satu penyakit kronis dengan kondisi dimana ginjal telah mengalami kerusakan progresif selama periode waktu tertentu. Kondisi ini mengakibatkan ginjal tidak bisa bekerja secara maksimal untuk melakukan berbagai macam fungsi yang penting dalam tubuh manusia. Sebagian besar orang percaya bahwa penyakit gagal ginjal selalu dihubungkan dengan sakit punggung. Namun, beberapa pengidap ginjal kronis ternyata tidak menunjukkan gejala apa pun, terutama untuk tahap awal penyakit gagal ginjal ini.


tanda tanda gagal ginjal

Spesialis Ginjal dari Rumah Sakit Gleneagles Singapura, Dr. Roger Tan, menyatakan bahwa banyak yang kemudian tidak menyadari dan mungkin merasa kondisi ginjal mereka sedang dalam keadaan baik-baik saja, dan baru ketahuan menderita penyakit ginjal saat berada pada tahap akhir. Bahkan saat pasien merasakan sejumlah gejala, biasanya tanda tanda tersebut tidak spesifik dan kurang jelas, tambah Dr. Tan.

Kelelahan adalah gejala gagal ginjal yang paling umum. Gejala kurang spesifik lainnya diantaranya adalah konsentrasi yang menurun, hilangnya nafsu makan, rasa mual, badan terasa gatal, kaki menjadi bengkak, frekuensi buang air kecil menurun serta urin yang berbusa. Dengan mengetahui tanda-tanda peringatan potensi adanya gagal ginjal dan pengobatan dini, penderita bisa menghindari konsekuensi dari jenis penyakit yang sudah banyak menelan korban sekitar 30.000 jiwa.

Kita semua harus mengetahui bahwa tidak sedikit organ di dalam tubuh kita yang sangat bergantung pada ginjal untuk berfungsi secara normal. Ginjal melakukan fungsinya secara kompleks yakni dengan menjaga kadar air dan kemudian mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Ginjal berfungsi menjaga kadar air dan pengeluaran racun tetap dalam keadaan seimbang.

Jika ginjal menjadi rusak oleh suatu penyakit tertentu, maka organ lain di dalam tubuh manusia akan otomatis terpengaruh juga. Kurangnya kesadaran dari masyarakat akan bahayanya penyakit ginjal, mengakibatkan penyakit ini menjadi sering terabaikan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Gejala Pasti Tentang Gagal Ginjal

0 comments:

Posting Komentar