Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Senin, 17 November 2014

Cara Membasmi Rayap Secara Alami

Rayap merupakan musuh utama dari perabotan rumah yang terbuat dari bahan kayu. Keberadaan rayap ini tentunya dapat menimbulkan kerugian dan sering membuat pemilik perabotan menjadi kesal karena perabotan tersebut menjadi cepat rusak. Sebenarnya anda dapat menggunakan obat anti rayap untuk membasminya. Namun, obat yang mengandung bahan kimia tersebut tentunya berbahaya untuk kesehatan dan disarankan untuk menggunakan bahan-bahan alami yang terbukti ampuh dalam membunuh rayap. 



Beberapa alasan mengapa anda harus membasmi serangga ini:

Mencegah penyakit

Adanya rayap atau serangga lain tentu akan membuat penghuni rumah dapat diserang beberapa penyakit seperti ruam kulit jika tergigit. Selain itu serangga seperti tungau juga dapat menimbulkan masalah pada pernafasan. Selain itu, adanya serangga atau rayap dapat berbahaya pada makanan karena kotoran, urine, dan zat berbahaya lainnya dapat mencemari makanan

Mencegah kerusakan pada perabot atau furnitur 

Perabot atau furnitur berbahan kayu sangat rentan untuk diserang oleh rayap. Oleh karena itu, biasanya produsen furnitur memiliki cara khusus untuk membuat produknya tahan rayap. Biasanya mereka menggunakan obat anti rayap khusus.

Mencegah kerusakan pada rumah

Rumah yang telah terserang rayap dapat membuat penghuninya terancam bahaya, apalagi jika rayap menyerang struktur bangunan dan menyebabkan kayu penyangga keropos, maka dapat membuat penghuninya terancam akibat bangunan dapat roboh sewaktu-waktu. 

Mencegah pengeluaran uang yang lebih

Jika terjadi hal yang tidak diinginkan akibat rayap misalnya rumah yang roboh, furnitur yang rusak, maupun menimbulkan penyakit maka anda harus menyiapkan dana ekstra untuk membeli perabot baru, biaya rumah sakit, maupun merenovasi rumah. 

Bahan-Bahan Alami Untuk Menghilangkan Rayap 

Air cucian beras

Siapa yang menyangka jika air cucian beras yang selama ini selalu dibuang ternyata berguna untuk membasmi hama. Caranya pun cukup dengan menyiramkan air bekas cucian beras tersebut ke sekeliling sarang rayap.

Garam dapur

Obat anti rayap selanjutnya adalah garam dapur. Taburkan saja garam di sekitar sarang rayap, namun cara ini dirasa kurang efektif karena garam hanya berada di permukaan saja. Akan lebih efektif jika garam dicairkan dahulu menggunakan air lalu tambahkan tembakau. Setelah tercampur, diamkan selama satu malam lalu semprotkan cairan tersebut ke tempat rayap bersarang.

Tembakau

Khasiat tembakau akan lebih efektif jika direndam dengan air lalu didiamkan selama satu malam. Perendaman selama satu malam berguna untuk mengeluarkan seluruh sari tembakau. Setelah itu, semprotkan air tembakau tersebut ke sarang rayap atau kayu yang terserang rayap.

Minyak tanah

Minyak tanah juga ampuh untuk mengusir rayap. Caranya dengan menyemprotkan minyak tanah pada kayu yang dimakan rayap atau pada sarangnya. 

Air kapur sirih

Kapur yang bersifat panas ini  akan sangat cepat mengusir rayap karena kulit rayap yang lembut dan tipis akan terkena panas dari kapur. Semprot atau siramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang rayap atau sarang rayap.

Tips Melindungi Rumah Dari Serangan Rayap

Berikan sedikit jarak antara tembok dan furnitur

Biasanya rayap memasuki rumah melalui celah tembok untuk mengurangi resiko diserang rayap, sebaiknya berikan jarak antara tembok dan furnitur sekitar 10 cm.

Bersihkan saluran air

Mengapa kita harus membersihkan saluran air? Karena area lembab merupakan area favorit rayap. Perhatikanlah kebersihan saluran air atau selokan. Jangan sampai ada sampah yang menyumbat

Bersihkan gudang

Gudang biasanya merupakan tempat yang kotor dan banyak barang tidak terpakai. Biasanya banyak terdapat tumpukan kardus dan barang lain yang tidak terpakai. Inilah yang membuat gudang merupakan daerah yang paling rentan terkena serangan rayap.

Proteksi Bangunan

Lakukan proteksi total pada bangunan. Proteksi total disini adalah treatment dari pasca konstruksi hingga bangunan jadi. Cara ini akan menghambat kedatangan rayap dalam waktu lama dan menghambat perkembangan rayap. Cara ini dilakukan dengan memberikan obat anti rayap ke seluruh bangunan.

Perbaiki keran air yang bocor dirumah anda

Jika dirumah anda terdapat keran air yang bocor, segeralah perbaiki karena keran air bocor yang terus menerus meneteskan air akan membuat rumah anda lembab. Area lembab ini akan menjadi tempat yang nyaman bagi rayap. Tak ada salahnya memperbaiki keran air untuk pencegahan dan penghematan air.

Perawatan pada elemen kayu secara berkala

Pilihlah kayu yang berkualitas baik untuk rumah anda. semakin rendah mutu kayu, maka rayap akan semakin mudah untuk memakannya. Bersihkan kayu secara berkala dan gunakan varnish atau pelitur untuk memulas ulang.

Demikian ulasan tentang cara menghilangkan rayap dan beberapa tips untuk melindungi rumah dari serangan rayap. Pencegahan merupakan hal terbaik untuk dilakukan walaupun saat ini telah banyak obat anti rayap yang dijual di pasaran.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membasmi Rayap Secara Alami

2 comments: