Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Selasa, 01 April 2014

Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

Cara alami menghilangkan bau mulut - Bau mulut yang tidak sedap tentunya akan mengurangi rasa percaya diri dan juga menimbulkan ketidaknyamanan ketika berbicara dengan orang lain. Bau mulut bisa disebabkan karena kurangnya perawatan terhadap kesehatan mulut dan juga pemilihan makanan dan kebiasaan sehari-hari yang tidak sehat. Apabila Anda sedang mengalami hal ini, maka ada baiknya untuk mengenal terlebih dahulu beberapa penyebab bau mulut tidak sedap berikut ini.

Melewatkan sarapan pagi

Jika Anda tidak sarapan di pagi hari, maka pada siang hari mulut Anda akan cenderung mengeluarkan bau yang tidak sedap. Secara medis, sarapan pagi akan membantu meningkatkan air liur dalam mulut yang berfungsi sebagai pembasmi bakteri penyebab bau mulut tidak sedap. Selain itu, sarapan pagi juga sangat baik untuk sistem pencernaan.

Sariawan

Saat mengalami sariawan, biasanya akan terjadi infeksi dalam mulut dan bahkan menimbulkan nanah yang tentunya mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Bakteri

Salah satu penyebab paling umum dari bau mulut tidak sedap adalah bakteri pembusuk yang bersembunyi pada rongga mulut. Bakteri ini akan membusukkan seluruh sisa makanan yang ada pada sela-sela gigi. Selain itu, bakteri pembusuk ini biasanya akan menghasilkan senyawa belerang yang sifatnya cepat sekali menguap dalam mulut.

Rokok

Kebiasaan merokok sudah tidak bisa disangkal lagi merupakan penyebab lain dari bau mulut yang tidak sedap. Selain itu, sering merokok bisa menimbulkan karang gigi yang akan memperburuk kondisi kesehatan gigi dan mulut.

Penyakit

Bau mulut yang tidak sedap bisa juga diakibatkan oleh adanya penyakit tertentu seperti amandel, radang tenggorokan dan gangguan pada sistem pencernaan dan lambung.

Setelah Anda mengetahui berbagai penyebab bau mulut tidak sedap, berikut ini beberapa cara alami menghilangkan bau mulut yang bisa dipraktekkan mulai dari sekarang.

Menggosok Gigi Secara Teratur

Menyikat gigi secara rutin merupakan salah satu cara paling mudah dan mendasar untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat. Namun, perlu diingat juga bahwa terlalu sering menggosok gigi pun pada dasarnya tidak baik dan akan merusak email gigi dan gusi. Gosoklah gigi dua kali sehari saat bangun tidur di pagi hari dan sebelum tidur di malam hari.

Rajin Berkumur

Setelah menggosok gigi, sebaiknya dilanjutkan dengan kumur-kumur menggunakan mouthwash antiseptik atau dengan air rebusan daun sirih. Hal ini sangat dianjurkan karena setelah menggosok gigi bisa saja bakteri penyebab bau mulut masih tersisa. Daun sirih bisa menghasilkan efek segar dan hangat di dalam mulut dan sering dianggap sebagai mouthwash alami. Jenis rempah-rempahan lain seperti ketumbar, kapulaga, mint, kayu putih, kayu manis, tarragon dan rosemary juga terbukti ampuh untuk mencegah bau yang tidak sedap pada mulut.

Teh Hijau

Teh hijau mengandung senyawa antioksidan yang sangat tinggi untuk menangkal berbagai radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu, disarankan agar sering meminum teh hijau pada pagi dan sore hari untuk membasmi bakteri atau kuman penyebab bau mulut.

Konsumsi Buah-Buahan

Bau mulut tidak sedap bisa disebabkan oleh kurangnya produksi air liur dalam mulut. Kondisi ini akan menyebabkan mulut menjadi kering dan bakteri pun akan mudah sekali bersarang pada kondisi mulut seperti ini. Untuk mengatasinya, bisa dengan memperbanyak konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C seperti jeruk, kiwi, apel, papaya, jambu dan sebagainya. Selain itu, disarankan juga untuk sering mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air dan serat seperti buah semangka dan nanas. Kandungan dalam buah-buahan pun akan sangat baik sebagai zat antioksidan pencegah bakteri penyebab bau mulut.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Alami Menghilangkan Bau Mulut

0 comments:

Posting Komentar