Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Kamis, 28 Agustus 2014

Kombinasi Makanan dengan Obat Yang Membahayakan


Efektivitas suatu obat pada dasarnya tergantung pada banyak faktor. Salah satunya adalah makanan yang dikonsumsi bersamaan atau terlalu berdekatan dengan waktu minum obat. Berikut ini akan diulas lima jenis kombinasi obat dan makanan yang dapat mengurangi efektivitas obat atau bahkan membahayakan kesehatan.

kombinasi obat dengan makanan

Jeruk VS Obat Batuk

Kandungan dalam buah jeruk dapat menghambat khasiat dari dextromethorphan yang terkandung di dalam obat batuk. Selain itu, kombinasi buah jeruk dengan obat batuk bisa mengakibatkan halusinasi dan menyebabkan kerusakan otot.

Susu VS Antibiotik


Kandungan kalsium, besi dan mineral lainnya dalam produk susu dapat mengurangi efek atau kinerja antibiotik ketika melawan infeksi di dalam tubuh. Hindari makan yoghurt, susu dan keju 2 jam sebelum dan sesudah mengkonsumsi antibiotik.

Sosis VS Anti-depresan

Jika Anda menemukan istilah monoamine oxidase inhibitors (MAOIs) pada label obat, maka Anda harus menghindari makanan seperti anggur merah, sosis, keju, dan kedelai.  Makanan tersebut kaya akan kandungan Tyramine yakni jenis asam amino pemicu tekanan darah tinggi jika dimakan bersamaan dengan obat-obatan jenis MAOis.

Cokelat VS Ritalin


Selain kafein, cokelat juga mengandung stimulan yang disebut thobromine. Kombinasi Ritalin dan berbagai jenis stimulan dalam cokelat dapat menyebabkan perilaku yang cenderung cemas atau gelisah. Selain itu, kombinasi antara makanan dengan obat tersebut akan memicu timbulnya iritasi pada tubuh.

Jus Buah VS Anti-alergi

Jika Anda sedang mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung fexofenadine (penurun demam), maka sebaiknya menghindari minum jus apel, jeruk, dan anggur setidaknya 4 jam sebelum meminum obat. Jus buah dapat menghambat penyerapan obat ke dalam darah dan menurunkan efektifitas obat sebanyak 70 persen. Jus apel, jeruk, dan anggur juga buruk untuk dikonsumsi dengan antibiotik, obat anti-alergi dan asma. Jika Anda masih merasa tidak yakin tentang obat-obatan yang akan dikonsumsi, maka lebih baik berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kombinasi Makanan dengan Obat Yang Membahayakan

0 comments:

Posting Komentar