Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Selasa, 01 April 2014

Penyebab Gusi Berdarah

Penyebab Gusi Berdarah - Berhati-hatilah jika gusi Anda berdarah saat menyikat atau menggosok gigi. Gusi berdarah atau gusi yang bengkak bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit gusi. Gangguan pada gusi tersebut bisa disebabkan karena kurangnya perawatan terhadap kesehatan gigi dan mulut. Berikut ini beberapa alasan medis penyebab gusi bengkak dan berdarah.

gusi_berdarah

Kebersihan Mulut yang Buruk

Salah satu penyebab utama dari gusi berdarah dan bengkak adalah kebersihan gigi dan mulut yang kurang terjaga dan terawat. Dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut sebaiknya tidak hanya dilakukan dengan menyikat gigi saja karena tidak akan mampu menghilangkan seluruh plak, tartar dan sisa makanan pada gigi Anda.

Radang Gusi

Radang gusi (gingivitis) adalah penyebab lain dari gusi bengkak atau berdarah. Gusi yang meradang apabila tidak ditangani secara cepat bisa mengakibatkan penyakit yang lebih parah pada gusi Anda. Radang gusi pada dasarnya merupakan kondisi kronis yang diakibatkan oleh efek jangka panjang dari plak, bakteri, karang, lendir dan sisa makanan yang menempel pada gigi.

Perubahan Hormonal atau Kehamilan

Pada masa kehamilan, gusi akan menjadi lebih sensitif dan kondisi ini sering dikenal dengan istilah gingivitis kehamilan. Saat hamil, terjadi fluktuasi kadar hormon pada tubuh yang akan meningkatkan aliran darah ke gusi dan organ-organ vital lainnya dalam tubuh. Hormon-hormon kehamilan tersebut akan mengganggu respon normal dan sistem kekebalan tubuh terhadap bakteri. Perubahan hormonal inilah yang akan membuat ibu hamil menjadi lebih mudah terserang infeksi periodontal.

Penyakit Periodontal

Apabila kondisi gingivitis tidak ditangani dengan baik, maka bisa menimbulkan penyakit periodontal yang cukup serius. Jika gingivitis hanya menyerang gusi saja, maka penyakit periodontal akan menyebar ke tulang dan jaringan lain yang berhubungan dengan gigi dan gusi. Penyakit periodontal yang sudah parah akan menimbulkan nanah di antara gusi dan gigi apabila tidak diobati dengan tepat.

Disfungsi Pendarahan

Gusi berdarah bisa juga diakibatkan oleh disfungsi atau ketidakmampuan darah untuk membeku saat terjadi pendarahan dalam organ tubuh tertentu. Gusi dan mulut sangat rentan sekali mengalami gangguan pendarahan tersebut dibandingkan dengan  organ-organ tubuh manusia yang lainnya.



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Penyebab Gusi Berdarah

0 comments:

Posting Komentar