Berbagi Informasi dan Tips Seputar Kesehatan

Rabu, 03 Desember 2014

Cara Membasmi Rayap Dengan Tisu

Rayap merupakan hewan tak diundang yang sangat senang tinggal di rumah-rumah. Mereka akan berkembang biak dengan cepat dan senang membangun koloni. Kehadiran mereka tentu saja dapat merusak kayu ataupun bangunan di rumah. Serangan rayap tergolong dahsyat dan apabila dibiarkan maka kayu akan cepat keropos dan bahkan tinggal kulitnya saja. Rayap sangat senang hidup di tempat yang gelap dan lembab seperti gudang yang tertutup, garasi, loteng yang bocor, tempat cucian ataupun wastafel. Ketika musim hujan tiba, maka rayap pun seakan-akan berpesta pora. Rayap akan semakin merugikan apabila tidak segera dibasmi. Jenis serangga yang mirip semut ini dapat membuat kayu di rumah menjadi ringkih. Jika sudah begini maka biasanya kita baru sadar untuk segera mengatasinya.


Laron yang suka mengerubungi lampu pada malam hari ketika musim hujan sebenarnya adalah cikal bakal dari rayap. Laron-laron tersebut kemudian akan bermetamorfosis menjadi serangga rayap. Kualitas kayu yang semakin menurun atau sudah tua pun sangat berperan dalam perkembangbiakan rayap yang cepat. Rayap akan menyerang hampir semua jenis kayu. Rayap tidak bisa menggerogoti kayu jati dan merbau karena kedua kayu tersebut mengandung zat yang dapat meracuni atau mematikan rayap. Selain itu, bau dari kedua jenis kayu tersebut sangat menyengat bagi serangga rayap.

Kehadiran rayap sebenarnya sangat mudah untuk dikenali. Pertama, apabila terdapat butiran halus mirip pasir berjatuhan ke lantai maka sudah dipastikan rayap sedang melancarkan serangannya di rumah Anda. Setelah dibersihkan, maka tidak lama kemudian butiran-butiran mirp pasir tersebut akan kembali muncul. Kedua, terdapat bunyi kresek-kresek pada bangunan rumah yang terbuat dari bahan kayu. Ketiga, terdapat gundukan tanah yang memanjang dari atas ke bawah pada tembok atau dinding rumah.

Cara membasmi rayap dapat dilakukan dengan 2 metode:

Metode pertama adalah dengan cara konvensional yang menggunakan bahan kimia. Caranya dengan menyemprotkan langsung bahan kimi anti rayap tersebut pada lapisan tanah pondasi sebelum rumah Anda dibangun. Hal ini sangatlah penting untuk mencegah rayap menyusup ke dalam bangunan rumah. Alternatifnya, bisa dengan mengebor bagian sisi kanan dan kiri pondasi bangunan dan kemudian menyemprotkan bahan kimia. Cara lainnya adalah dengan menyemprotkan langsung ke bagian permukaan komponen kayu. Yang paling ideal adalah mengkombinasikan berbagai cara tersebut.

Metode kedua adalah dengan memberi umpan bubuk yang sangat disenangi rayap dan sudah dicampur dengan bahan kimia anti rayap. Umpan-umpan tersebut bisa dipasang pada sekeliling bangunan atau pada beberapa titik yang terkena serangan rayap. Sejumlah rayap kemudian akan memakannya dan selanjutnya akan terjadi “budaya transfer makanan” atau tropolaxis pada hewan serangga ini. Dengan kata lain, satu rayap akan menyebarkan umpan ke rayap yang lainnya.

Saat ini umpan bubuk rayap sangat mudah sekali didapatkan di pasaran. Misalnya alfametrin, imidaclotrin, sipermetrin, venfalarat dan lamdasalotrin. Jika malas untuk melakukannya sendiri, Anda dapat jasa pembasmi rayap yang iklannya banyak sekali media massa dengan kisaran tarif Rp 150.000/meter persegi (m2). Biasanya tarif tersebut sudah termasuk obat serta jasa kontrol untuk 1 bulan kemudian. Jika rayap masih merajalela ketika dikontrol sebulan kemudian, maka biasanya akan diberikan pemasangan umpan atau penyemprotan ulang secara gratis.

Cara praktis dan ampuh lainnya supaya rayap tidak memakan kayu di rumah adalah dengan menggunakan sentricon. Alat ini terdiri dari pengumpan agroscience dan detektor rayap (stasion). Kedua alat tersebut sudah dilengkapi dengan bahan mirip tisu yang berfungsi sebagai makanan atau racun bagi rayap serta untuk menghancurkan sarangnya. Bahan tisu ini mengandung heksaflumuron atau sejenis enzim hormon. Khasiatnya sangat ampuh untuk menekan metabolisme perkembangbiakan rayap dan bisa berakibat kematian rayap yang cepat.

sentricon

Langkah-langkah menggunakan alat pengumpan rayap / sentricon:

  1. Buka terlebih dulu alat pengumpan Agroscience dengan menggunakan obeng. Lalu ambil nomer kode batang (barcode) untuk lebih memudahkan data pemasangan dan untuk mengontrol keberhasilan perkembangan.
  2. Tarik lembaran tisu dan semprotkan air dari tabung penyemprot (sprayer) secara merata. Tisu kemudian akan menjadi lembab.
  3. Balutkan lakban hitam ke sekeliling alat pengumpan / sentricon. Tempelkan alat tersebut pada dinding kusen plafon yang biasanya dibunakan sebagai jalur rayap. Setelah itu biarkan selama 2 hingga 3 minggu dan jangan lupa untuk selalu memeriksa kondisi tisu. Apabila tisu habis, maka segera ganti dengan yang baru. Dalam kurun waktu 8 minggu maka rayap biasanya akan mati seluruhnya dengan bantuan alat pengumpan rayap atau sentricon ini.

Demikian ulasan tentang cara membasmi rayap dengan tisu (umpan bubuk/sentricon) dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Membasmi Rayap Dengan Tisu

0 comments:

Posting Komentar